Minggu, 03 November 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » » » » Teknik Dasar SEO Sederhana yang Harus Anda Ketahui

Teknik Dasar SEO Sederhana yang Harus Anda Ketahui

bukan basa basi ketika ada yang mengatakan google itu ibarat tuhan. maklum, apa saja yang anda minta (cari) pasti diberikan oleh google. mulai dari hal remeh temeh seperti cara mengupil sampai hal paling serius ada! meski kemudian keputusan sepenuhnya ada ditangan anda dalam mengolah informasi beragam yang diberikan.

google sebagai mesin pencari berperan vital dalam mempertemukan para pencari informasi dan penyedia informasi. oleh karena itu, bagi para penyedia informasi, menaklukan google terus menerus menjadi study yang tiada henti. maka kemudian, bagaimana menempatkan website atau blog di posisi halaman muka google adalah impian setiap pemilik sebuah website. dalam perjalananya, ini disebut SEO (search engine optimization)

sebenarnya, untuk menaklukan google dengan teknik SEO itu gampang2 susah. diblang gampang ya ternyata susah, dibilang susah ya kok gampang. maklum, google itu misterius alias mbingungi. algoritma yang digunakan oleh google dalam menghimpun bertrilun2 informasi yang berseliweran di jaringan internet hingga kini masih belum diketahui secara persis.

maka jika ada yang menawarkan jasa SEO agar website sampeyan melejit di posisi rangking 1 google, itu omong kosong. bahkan bisa2 beresiko. salah2 teknik, situs anda bisa dianggap spam dan ditendang google dari peredaran yang ahirnya sunyi senyap dari trafic bak kuburan tua.

ada yang menganggap SEO itu sebagai sebuah seni, karena dalam melakukanya harus dengan perpaduan berbagai rasa, intuisi, harmoni (halah oppppppoooo), kepekaan, logika, kesungguhan, ketulusan, kejujuran, dst. ada yang menganggap SEO sebagai suatu permainan yang mengasikan, karena berhasil menempati posisi halaman peretama google mengalahkan beribu2 pengunjung merupakan suatu kebanggan tersendiri..

berikut akan saya rangkum beberapa menjadi beberapa poin sederhana dalam menaklukan tekni SEo untuk menaklukan mbah google paling mantap dan jooss versi saya sendiri. jika anda tidak terima silahkan kabur

1. Pilihlah template yang SEO friendly
ini tidak terlalu mutlak, namun tiada salahnya anda coba. keuntunga menggunakan template SEO friendly diantaranya adalah loading yang cepat, dan biasanya struktur HTMLnya rapi dan minim error, hingga konsekuensinya robot google dapat lebih leluasa dan optimal dalam menelusuri konten dalam web anda.

2. sadar dirilah
maksudnya, sadar diri dengan melihat kondisi website anda. lihat pageranknya sekarag berapa, alexa ranknya sekarang berapa. ini penting untuk anda ketahui agar dapat menyesuaikan keyword yang akan anda tembak. maksudnya, jika alexa rank situs anda masih di atas 1 jutaan, jangan sok jago menulis konten yang mengandung key word level tinggi. key word level tinggi adalah key word yang banyak diketikan oleh pengguna internet di mesin pencari seperti, cewek cantik, ayam kampus, gambar vagina, maharani suciyono dll. sebab jika anda melakukan itu, situs anda memang terindex google, namun posisinya ada di halaman 100 ribu google! bayangkan siapa yang akan melongo ke situs anda? angin?!

maka sebaiknya sebagai tahap awal, tulislah konten2 yang mengandung low level keyword. bisa macam2, pokoknya yang belum ada di google, seperti cara melempar anjing gila, atau cara menyantet anggota PKS yang menyebalkan. pokoknya pastikan keyword yang anda tulis bisa nangkring di halaman pertama pencarian google. ini sebagai tahap beramah tamah denga google. logiknya lebih baik situs anda dikunjungi 10-20 orang perhari dengan kata kunci low level dari pada tidak dikunjungi sama sekali meski kata kunci high level. setelah itu anda bisa kalkulasi sendiri dengan mulai meningkatkan level key wordnya secara beretahap.

3. google itu bukan mesin
sebutan mesin pencari untuk google terkadang tidak tepat. sebab sekali lagi, cara kerja google itu misterius. ia ibarat suatu aplikasi yang dapat membaca keinginan pengguna secara persis. bayangkan, berapa kali anda berseluncur di google dengan mengetikan suatu kata kunci, 99% di antaranya anda menemukan informasi yang sesuai dengan yang anda cari bukan? itu yang saya maksud, google itu dapat membaca pikiran pengguna. maka ia lebih dari sekedar mesin. maka disini perlunya optimasi konten dari website anda. bukan sekedar konten yang melulu berisi keyword2. kalimat yang tertata rapi sesuai EYD juga diperhatingkan oleh google. sebab logikanya, jika konten situs anda acakadut dan asal2an meski full keyword, tentu saja bukan situs anda yang sedang dicari oleh pengguna google. dan google tahu persis itu, maka untuk menjadi kepercayaan pelanggan, sebagai konsekuensinya situs anda akan didepak jauh2.

4. gunakan bahasa SEO friendly
ini yang membedakan dua buah situs berita besar indonesia, detik.com dan kompas.com. perhatikan, bahasa yang digunakan oleh detik cenderung lebih spektakuler, bombastis, menarik dan aduhai. sementara bahasa yang digunakan oleh kompas.com cenderung kaku, formal, dan lunglai. meski kedua2nya tetap EYD. hasilnya, ranking alexa detik.com lebih tinggi dari pada kompas, karena detik lebih banyak dikunjungi ketimbang kompas. contoh perbedaan penggunakan bahasa antara detik dan kompas, jika kompas menurunkan berita dengan judul "tito kei dibunuh seorang pelaku tak dikenal", maka detik akan menulis versi bombastis yakni "tito kei tewas setelah ditembak di kepala tembus ke mata". kedua judul tersebut bersubstansi sama, namun judul kedua lebih menantang bagi pembaca. dan google tahu selera pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar